My Diary.
to Share my Life Events

TIPS MEMILIH SEPATU GUNUNG, HIKING BOOTS VS HIKING SHOES


Terdapat beberapa type sepatu gunung yang tersebar di market, tetapi biasanya ada dua type yang biasa digunakan oleh rekan-rekan penggemar alam bebas, yakni type hiking boots serta hiking shoes. Pilih satu dari type ini sebetulnya seperti pilih jodoh, bila salah pilih, bersiap saja kaki terluka serta dompet merana.

Setiap orang punyai “zona sepatu nyaman”nya semasing, tetapi berdasar panduan pilih sepatu gunung, type sepatu mana yang paling pas untuk dipakai dalam pendakianmu?

Hiking Boots versus Hiking Shoes

Berat Sepatu
Tidak ada ketidaksamaan berat yang begitu relevan di antara ke-2 type jual sepatu safety ini. Satu diantara sepatu sepatu paling mudah untuk hiking boots, yakni Jayagiri SH-02 dengan berat sebuah sepatunya seputar 0.5 kg, hampir sama dengan hiking shoes merk Thomas Black punya penulis dengan berat seputar 0.4 kg. Walau demikian, pada umumnya hiking boots pasti lebih berat dibanding hiking shoes

Selintas semakin lebih nyaman untuk menggunakan sepatu yang lebih mudah, namun harus diperhitungkan potensi sepatu itu meredam beban yang dibawa. Gampangnya, coba rasakan sendiri bagaimana rasa-rasanya mengangkat aqua galon ke lantai empat dengan menggunakan sandal kempit. Dapat semakin makmur kehidupan beberapa tukang pijat di Indonesia

Feature Simpatisan
Hiking Boots mempunyai keunggulan mutlak dalam soal perlindungan pada sendi pemakainya. Dengan design yang menutupi sendi, memberikan perlindungan lebih saat pendakian medan pegunungan yang berbatu serta curam. Design sepatu yang lebih rendah rawan membuat sendi terkilir. Mahal lho ongkos manggil tukang pijat ke pucuk gunung!

Fleksibelitas
Kesempatan ini, hiking shoes lebih unggul dibanding hiking boots. Sebaik apa pun sepatu hiking boots kamu, tentu tidak nyaman saat dipakai dalam pekerjaan seharian dengan terus-terusan. Ini pasti berlainan dengan hiking shoes, yang masih nyaman dipakai untuk pekerjaan sehari- hari atau untuk traveling ke satu tempat.

Berat barang yang dibawa
Hiking shoes nyaman dipakai saat bawa beban yang mudah, seperti beberapa penggemar lightweight biasa kerjakan, yakni seputar 9-10 kg. Serta penulis pernah coba sampai berat 12kg, tetapi hiking shoes tetap nyaman dipakai. Tetapi untuk beban di atas itu, dianjurkan untuk memakai hiking boots sebab semakin lebih memberi kenyamanan serta konsistensi pada kaki. Dengan fakta yang sama, diisarankan supaya tidak pilih sepatu yang begitu mudah saat bawa beban yang cukup berat.

Harga
Pada umumnya, tentunya hiking shoes lebih dapat dijangkau dibanding hiking boots. Hiking Shoes bikinan SNTA di jual pada harga seputar 200 ribu an saja, sedang hiking boots dapat di atas 350 ribu seperti bikinan Jayagiri. Untuk hiking boots kelas menengah merk Consina serta REI sekitar di antara 495-600 ribu an.

Tetapi bila ingin berinvestasi untuk pemakaian periode panjang serta kenyamanan mendaki, tidak ada kelirunya untuk keluarkan uang semakin banyak pada hiking boots.
Jadi, pilih hiking shoes atau hiking boots?
Unknown Unknown Author