My Diary.
to Share my Life Events

HUMAS ADALAH SEGALANYA BAGI PERUSAHAAN

Related image

konsultan pr di indonesia - Humas adalah peranan manajemen yang mengevaluasi opini, sikap, dan tingkah laku umum, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur suatu individu atau sebuah organisasi dengan kebutuhan umum, dan nmerencanakan dan melakukan program tindakan untuk memeroleh pengertian dan support public.

Dalam suatu perusahaan, humas (Hubugan Orang-orang) adalah profesi yang memegang kendali agar perusahaan itu dapat jalan dengan baik. Humas dipandang jadikan perusahaan jadi lebih baik karena dalam kemampuannya, ia harus dapat membuat citra perusahaan itu agar penilaian orang pada perusahaan itu positif.

Pekerjaaan humas perusahaan bukanlah saja menyatukan artikel, dan berkesan ‘omong doang’, tetapi dalam pekerjaannya kita harus melakukan beberapa hal penting seperti survey tempat, dan melakukan pelajari mengenai apa yang kita kerjakan. Bila memang terdapat suatu kekeliruan pahaman orang-orang mengenai perusahaan tempat di mana humas itu bekerja, maka ia harus dapat mensiasati lewat cara apa pun untuk kembalikan citra perusahaan itu.

Pekerjaan humas sangat erat hubungannya dengan pers. Terlebih humas perusahaan. Humas perusahaan harus dapat mencari penyebabnya terjadi kesalah pahaman dengan mass media. Mass media yang hanya ‘asal mencari berita’ biasanya juga akan menuliskan apa pun yang ia kenali dengan sepihak mengenai hal yang terjadi disuatu perusahaan. Memang itu tidak mematuhi kode etik jurnalistik, tetapi biasanya untuk memperoleh uang, wartawan menulis berita yang semestinya tidak di catat. Peranan humas di sini sangat penting, karena dengan terdapatnya humas kita dapat mengklarifikasi berita yang dipandang salah.

Humas perusahaan harus dapat secerdik mungkin dalam membuat kiat untuk tingkatkan citra dan reputasi perusahaan, terlebih di jaman yang makin banyak persaingan perebutan ini. Dunia humas saat ini telah masuk masa yang dimaksud masa pertandingan, dimana pembentukan, pemeliharan dan penambahan citra (termasuk reputasi) jadi sangat krusial (penting).

Dengan adanya banyak perusahaan, maka persaingan perebutan semakin ketat. Peranan humas, tidak cuma menebarkan info pada khalayak agar memperoleh opini dan penangkapan kesan mereka pada perusahaan. Humas harus juga dapat membuat keyakinan khalayak mengenai perusahaan. Oleh karena itu pekerjaan humas tidak lepas dari two way communication (Komunikasi dua arah).

Pekerjaan humas sudah pasti tidak lepas dari prinsip komunikasi, yakni membuat suatu komunikasi yang efisien. Keefektifan suatu komunikasi baru juga akan terwujud apabila munculnya sama-sama pengertian pada komunikasi dan komunikator, atau dapat disebutkan munculnya persepsi yang sama mengenai memaknai suatu hal.

Lihat juga : perusahaan pr di indonesia

Humas perusahaan adalah tulang punggung perusahaan, bila perusahaan itu ingin memperoleh reputasi yang baik di mata orang-orang, maka perusahaan itu harus memiliki humas yang dapat tingkatkan citra perusahaan itu, karena perusahaan juga akan memiliki citra yang baik, bila humasnya pun baik.
Unknown Unknown Author