My Diary.
to Share my Life Events

5 Strategi Sukses Bangun Hubungan dengan Pelanggan

Image result for cara membangun brand yang kuat

Pemilik usaha UKM, merajut jalinan yang baik dengan konsumen setia benar-benar dibutuhkan untuk perkembangan usaha. Makin kuat jalinan yang tersambung, makin baik untuk usaha.

Untuk membuat jalinan yang baik di antara kamu jadi pebisnis, bisnismu, serta konsumen setia, serta mengawasinya masih kuat, dibutuhkan beberapa taktik. Merilis Pengusaha.com, kamu dapat membuat jalinan yang baik dengan konsumen setia supaya mereka tetap hadir kembali untuk produk usaha kamu dengan lima langkah berikut:

1. Jalin Komunikasi 
"Every great business is built on friendship." ―James Kontan Penney.

Komunikasi adalah kunci sukses jasa personal branding membuat jalinan yang baik serta kuat. Bukan sekedar dalam kehidupan seharian, tetapi dalam usaha. Jangan cuma mempromokan bisnismu, tetapi kamu harus juga dengarkan suara konsumen setia untuk jaga keberlangsungan usaha.

Tidak hanya mempromokan bisnismu lewat banyak media baik pada konsumen setia atau calon konsumen setia, kamu dapat membuat pembicaraan dengan mereka. Gunakan sosial media bukan sekedar untuk berpromosi dan juga untuk berkomunikasi. Tanyakanlah apa yang mereka perlukan, apa yang mereka harap dari produk usaha kita, serta perlihatkan bila kamu jadi pebisnis dapat memberi jalan keluar untuk tiap permasalahan serta keperluan konsumen setia.

Bila kamu mempunyai pekerja, sampaikan pada mereka bagaimanakah cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen setia. Jangan cuma menanti service konsumen setia atau konsumen service mengakhiri permasalahan, tetapi kamu harus juga memberi kursus pada beberapa pekerja baru tentang communication skills dalam men-treat konsumen setia. Serta yakinkan selalu untuk memberi feed back pada konsumen setia yang memberikan email, panggilan, pesan suara, atau pesan lewat sosial media.

2. Penuhi keinginan konsumen setia 
"Here is a sederhana but powerful rule: always give people more than what they expect to get." ―Nelson Boswell.

Tiap konsumen setia, tetap mempunyai expectations atau keinginan pada tiap produk atau service usaha yang ditawarkan. Serta jadi pekerjaan beberapa pebisnis selalu untuk tingkatkan kualitas produk atau service yang mereka jual.

Contohnya, bila kamu melakukan bisnis online, kamu dapat mengirim pesanan bertambah cepat dari waktu optimal yang dijanjikan. Konsumen setia yang senang, selalu kembali pada kamu. Sebab makin senang konsumen setia pada produk atau service yang diberi, makin setia mereka.

3. Tanyakanlah opini mereka 
"Customers don’t expect you to be perfect. They do expect you to final things when they go wrong." ―Donald Porter.

Seperti yang telah disinggung pada point satu, penting buat usaha kamu untuk tahu opini konsumen setia pada produk atau service bisnismu. Baik itu opini bagus atau jelek tentang bisnismu, semakin lebih baik buat kamu untuk tahu apa opini konsumen setia.

Kamu dapat menyiapkan kotak survey di dekat kasir atau comment card di tiap meja serta minta tiap konsumen setia yang hadir untuk berperan serta dalam survey. Suara konsumen setia akan memberi kamu deskripsi paling baik apa yang diharapkan mereka, perbaikan apa yang perlu kamu kerjakan serta jalan keluar apa yang perlu kamu beri pada mereka.

Komentar negatif sama bernilainya dengan komentar positif. Sebab lewat komentar negatif, kamu juga jadi tahu beberapa hal apa yang perlu perbaikan. Lewat survey ini, kamu dapat juga tahu sebegitu besar tingkat kenikmatan konsumen setia pada produk atau service bisnismu. Makin baik kualitas produk serta service usaha yang kamu beri, makin senang konsumen setia, makin berkembang juga usaha kamu.

4. Terkoneksi 
"Build konsumen relationships through your online presence."

Perubahan tehnologi, membuat kamu jadi pebisnis bisa lebih gampang mengawali serta merajut pembicaraan dengan konsumen setia. Kamu dapat manfaatkan beberapa sosial media yang pas untuk bisnismu untuk tersambung dengan konsumen setia.

Satu hal yang selalu harus kamu ingat, jauhi one-way conversation atau pembicaraan satu faksi saja. Up-date terus sosial media bisnismu, tidak cuma untuk fasilitas promo, tetapi kamu dapat juga membuatnya fasilitas komunikasi, seperti yang telah diterangkan pada point satu. Lemparkan pertanyaan-pertanyaan pada konsumen setia jadi permulaan. Apabila mereka menanyakan, yakinkan kamu tetap memberi tanggapan.

Untuk lebih membuat keyakinan konsumen setia, bikinlah web usaha. Telah waktunya pebisnis manfaatkan media digital selalu untuk tersambung dengan konsumen setia.

5. Beri reward 
"Setia customers, they don’t just come back, they don’t simply recommend you, they insist that their friends do business with you." ―Chip Bell.

Tiap konsumen setia tetap suka pada reward. Untuk membuat jalinan yang baik dengan konsumen setia, berikanlah reward pada pelangganmu. Bukan sekedar pada konsumen setia setia, kamu dapat juga memberi reward pada konsumen setia baru jadi bentuk animo.

Reward dapat berbentuk potongan harga, penawaran special, pemberian hadiah atau berbentuk penukaran point. Memberi reward bukan sekedar bentuk berterima kasih pada konsumen setia, dan juga menunjukkan kamu perduli pada mereka. Ini dapat membuat konsumen setia terus setia pada kamu.
Unknown Unknown Author