My Diary.
to Share my Life Events

10 Cara Menjaga Keamanan Sistem IT


sepatu safety - Tehnologi selalu maju dan berkembang bersamaan dengan berjalannya waktu. Dengan mengembangnya tehnologi itu, banyak keuntungan yang diperoleh oleh manusia. Seperti, dapat menolong percepat pekerjaan manusia, tingkatkan kwalitas dan jumlah layanan, memudahkan sistem transaksi keuangan, dan yang lain. Bukan sekedar diliat dari sisi keuntungannya saja, namun sisi keamanan tehnologi tersebut harus juga di perhatikan. Untuk mensupport hal itu, Kamu harus ketahui 10 cara agar Keamanan system IT Kamu terbangun, seperti berikut ini :

Protect with passwords
Banyak serangan cyber yang sukses meretas karena kata sandi (password) yang lemah. Semua akses ke jaringan ataupun data, sangat peka dan harus dijaga dengan nama pemakai dan keyword yang unik. Sandi yang kuat diisi angka, huruf dan lambang. Dianjurkan untuk setiap pemakai memakai kata sandi yang unik.

Design safe systems
Batasi akses ke infrastruktur tehnologi Kamu untuk menghindar mudahnya peretas dan pencuri mengakibatkan kerusakan system Kamu. Menghilangkan akses yang tidaklah perlu ke hardware ataupun software Kamu, dan batasi hak akses pemakai hanya untuk perlengkapan dan program yang diperlukan saja. Apabila sangat mungkin, pakai juga alamat e-mail, login, server dan nama domain yang unik untuk setiap pemakai, grup kerja ataupun departemen.

Conduct screening and latar belakang checks
Melakukan skrining dan kontrol latar belakang pada karyawan perlu dilakukan. Sama seperti dengan mempelajari kredibilitas mereka juga. Pada periode percobaan awal, akses pada data peka atau jaringan yang mencurigakan yang dilakukan oleh karyawan Kamu harus dilarang dan dibatasi, agar system IT Kamu jadi aman.

Provide basic training
Pelanggaran keamanan yang tidak terhitung jumlahnya sering terjadi jadi karena kekeliruan dan kecerobohan manusia. Kamu dapat menolong dengan membuat budaya perusahaan yang mengutamakan pada keamanan computer melalui program kursus yang memperingatkan berapakah besarnya resiko pada pemakaian kata sandi, jaringan, program dan piranti yang asal-asalan.

Avoid unknown e-mail attachements
Jangan sampai mengklik lampiran e-mail yg tidak di kenal, yang peluang dapat diisi virus computer. Sebelumnya membukanya, hubungi pengirim untuk mengkonfirmasi isi pesan. Bila Kamu tidak mengetahui pengirim itu, sebaiknya Kamu menghapus pesan, memblokir account pengirim yg tidak di kenal, dan memperingatkan orang yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Hang up and call back
Bila Kamu terima panggilan dari orang yg tidak di kenal yang mendadak ingin menghadiahkan dan berpura-pura hadiah itu didapatkan dari perwakilan dari bank atau partner yang lain, selekasnya mengakhiri panggilan yg tidak di kenal itu. Lalu hubungi kontak segera ke organisasi itu, atau salah satu nomor call centernya untuk mengkonfirmasi kalau panggilan yang Kamu terima itu sah/tidak.

Think before clicking
Untuk hindari penipuan yang terjadi melalui e-mail yang memohon info nama pemakai, kata sandi atau info pribadi, Kamu harus mempertimbangkannya kembali agar Kamu tidak terdorong ke sebuah website situs palsu yang mendorong calon korban untuk memasukkan data mereka sendiri.

Use a virus scanner, and keep all software up-to-date
Baik Kamu bekerja di rumah atau di jaringan kantor, dianjurkan untuk meng-install antivirus pada PC Kamu. Banyak penyedia jaringan saat ini tawarkan aplikasi antivirus dengan gratis. Selain itu, melindungi piranti lunak agar selalu up-to-date juga dapat menghindar virus masuk dan buat keamanan system IT Kamu terbangun.

Keep sensitive data out of the cloud
Cloud computing tawarkan banyak manfaat dan penghematan biaya pada bisnis Kamu. Namun layanan seperti itu dapat juga menyebabkan ancaman penambahan karena data diletakkan di server jarak jauh yang dioperasikan oleh pihak ke-3 yang mungkin memiliki problem keamanan sendiri.

Stay paranoid
Rusak atau robek segalanya termasuk dokumen dengan nama perusahaan, alamat dan info yang lain, termasuk logo vendor dan bank yang tengah ingin punyai urusan dengan Kamu. Jangan sampai meninggalkan laporan yang berbentuk penting dan peka di meja Kamu. Ganti juga kata sandi dengan teratur dan sering, terlebih bila Kamu membaginya dengan rekanan kerja Kamu. Hal semacam ini sangat penting Kamu kerjakan, untuk buat keamanan system IT Kamu terbangun.
Unknown Unknown Author